English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pages

Wednesday, November 28, 2012

Andik Bawa Indonesia Hancurkan Singapura

KUALA LUMPUR � Indonesia akhirnya memetik poin penuh saat melawan Singapura di laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2012 yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, malam ini. Hasil ini cukup istimewa sebab untuk pertama kalinya Indonesia unggul atas Singapura dalam enam pertemuan di Piala AFF.

Dalam enam pertemuan itu empat kali Indonesia kalah, dan dua kali berakhir imbang. Sementara itu, kemenangan ini membawa Indonesia ke puncak klasemen sementara Grup Bdengan poin empat. Singapura sendiri baru mengoleksi poin tiga. Hasil sekali menang melawan Malaysia, pada pekan lalu.

Babak I

Dengan sejumlah pemain mengalami cedera, seperti Handi Ramdan, Tonnie Cusell, pelatih Nilmaizar membuat perubahan formasi. Andik Vermansyah, dan Bambang Pamungkas disimpan, sedangkan Ellie Aiboy dan Andi Rahmat diberikan kesempatan bermain sejak awal laga.

Laga berlangsung dalam tempo tinggi sejak kick-off dibunyikan. Namun, Indonesia yang menempatkan M Rahmat dan Irfan Bachdim di lini serang kesulitan untuk menembus pertahanan Singapura, karena minimnya suplai-suplai bola dari lini tengah.

Sebaliknya Singapura beberapa kali bisa memegang bola di dalam kotak penalti, dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Demikian Indonesia memetik peluang emas pertama melalui intersep Okto Maniani di sisi kanan. Sayang bola yang berhasil direbut dari pemain Singapura tak lantas berbuah gol, padahal Okto tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Singapura, Izwan Mahbud.

Peluang Singapura juga tercipta beberapa kali selama babak pertama. Terutama ketika Singapura mendapat sepak pojok, beruntung sepakan pemain Singapura masih melebar dari gawang Wahyu Nugroho.

Singapura nyaris membobol gawang Merah Putih juga berawal dari set piece di mana para pemain The Lions melakukan gerakan kamuflase dan mengumpan bola ke tengah pertahanan Indonesia yang disambut dengan tembakan keras. Beruntung Wahyu masih sigap mementahkan percobaan tersebut.

Beberapa menit menjelang bubar paruh pertama, Indonesia membuka asa melalui tembakan keras Novan Setya dari luar kotak penalti, sayang, Mahbud melakukan penyelamatan gemilang menghalau bola ke luar lapangan.

Di babak pertama ini Indonesia lebih sering melakukan serangan balik dari sisi kanan yang dihuni Ellie Aiboy. Namun, serangan selalu kandas karena umpan-umpan Aiboy kepada Irfan dan Rahmat dengan mudah terbaca pemain belakang Singapura.

Pada babak kedua, Nilmaizar melakukan sejumlah perubahan dengan memasukan Bambang Pamungkas, Andik Vermansyah, dan Rashyid Bakrie untuk menggantikan M Rahmat, Ellie Aiboy, dan Okto.

Indonesia mulai memaksimalkan keunggulan kecepatan sayap-sayapnya. Situasi ini membuat Singapura kalang-kabut dan akhirnya melakukan pelanggaran keras untuk menghentikan Andik. Kartu merah pun keluar kepada Mohammad Irwan Shah, sehingga Singapura terpaksa bermain dengan 10 orang mulai menit 66.

Praktis Indonesia semakin mendominasi laga. Tapi Singapura justru nyaris mencuri gol ketika pertandingan memasuki menit ke 80, dengan sebuah sundulan, beruntung bola hanya membentur mistar gawang dan kemudian dihalau jauh oleh pemain Indonesia.

Indonesia akhirnya menuai gol melalui tendangan bebas Andik dari jarak jauh pada menit 88. Kiper Singapura salah mengantisipasi tendangan Andik yang meluncur ke pojok atas gawang.

Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia membuat Indonesia berada di atas angin.Sementara Singapura mengubah gaya permainan dengan umpan-umpan panjang ke jantung pertahanan Indonesia, memanfaatkan keunggulan postur tubuh pemain Singapura. Taktik ini cukup membuat beberapa kali gawang Wahyu terancam.

Di menit-menit akhir, Indonesia sebenarnya berpeluang menambah gol sayang Andik yang melakukan solo run untuk menusuk pertahanan Singapura gagal memperdaya kiper Singapura. Kedudukan pun berakhir 1-0 untuk Indonesia.

Line-Up Indonesia

 12, Wahyu Nugroho, 4. N Sasongko, 13. Wahyu Wijiastanto, 6. F Wahyudi, 8. Ellie Aiboy, 28. Okto Maniani, 7. M Taufiq, 26. Vendri Movu, 10. I Bachdim, 3 R. Maitimo, 29 M Rahmat.

Pelatih: N. Maizar

Line-Up Singapura

1.I. Mahbud,16.D. Bennett, 5. B Khaizan, 20. I. Shah, 21 S Baharudin, 7. ShiJiayi, 17 S. Ishak,8 Sahdan Sulaiman, 14. H Harun, 15 F. Mustafic, 19. K Amri. Pelatih R Avramovic.

Sumber

0 comments:

Post a Comment